Subscribe to web2feel.com
Subscribe to web2feel.com

Tips Bagi Pengguna FireFox

Diposting oleh Agus Kurniawan Mei 26, 2008

Berikut beberapa tips untuk mengakali FireFox biar lebih cepat dan irit memory.


1. Buka FireFox anda, ketikan pada address bar "about:config".

2. Cache Memory. Secara default FireFox menyimpan memory halaman yang sedang anda buka di dalam cache memory sebesar jumlah RAM anda. Untuk itu tambahkan opsi browser.cache.memory.capacity. Caranya : klik kanan, pilih New ->Integer. Ketikan browser.cache.memory.capacity, Enter, masukan angka 2048 (artinya 2 mb). Anda juga bisa mengatur dengan memasukan angka kelipatan 1024 (artinya 1 mb).


3. Cache History. Memory yang berfungsi untuk mempercepat loading memory halaman ketika anda menekan tombol Back dan Forward. Caranya : pilih browser.sessionhistory.max_total_viewers, ganti nilai 1 menjadi 3.

4. Cache Disk. Ubah ukuran cache disk dari 50 mb (default) menjadi 2 mb. Caranya : pilih browser.cache.disk.capacity, ubah nilai 50000 menjadi 2000.

5. Add-ons. Disable add-ons yang kurang digunakan.

6. Disable Flash. Animasi flash pada web yang sedang anda buka mengakibatkan loading menjadi terasa berat karena animasi flash tersebut memakan RAM anda. Gunakan add-ons flashblock untuk mengantisipasinya. Silahkan download add-ons disini : http://downloads.mozdev.org/flashblock/flashblock-1.5.6.xpi

7. Download history. Sebaiknya non-aktifkan fitur ini, karena akan menurunkan performa FireFox anda. Caranya : pilih menu Tool ->Options ->Privacy, hilangkan tanda checklist pada Remember what I've downloaded.

8. Aktifkan fitur trim on minimize. Caranya : klik kanan, pilih New ->Boolean, ketikan config.trim_on_minimize, ubah nilainya menjadi True.

9. Restart FireFox anda.

Mudah - mudahan tips ini berguna bagi rekan - rekan semua.